Sistem Birokrasi Rusak Picu Korupsi di Daerah



Beda Wartawan Koran Harian Dengan Majalah Atau Tabloid Bulanan



Apa sih beda bekerja sebagai wartawan di koran dan majalah mingguan? Pertanyaan sederhana ini sering ditanyakan mahasiswa yang berkunjung ke kantor media. Sebenarnya, baik yang bekerja di koran maupun di majalah, dua-duanya disebut wartawan, tapi ada beda cara kerjanya. Tentu perlu pula tips menulis berita yang tepat.

Koran terbit setiap hari, sementara majalah bekerja dalam kurun satu pekan. Kadang ada majalah dua mingguan, bulanan, bahkan ada yang terbit tiga bulan sekali. Karena sifat media yang berbeda, maka cara liputan dan penulisannya pun berbeda.

Supaya mudah dipahami, saya bikin dua kelompok penjelasan.

Wartawan harian:

1. Dia meliput di lapangan langsung ditulis dan selesai hari itu juga.

2. Tulisan di buat dengan piramida terbalik. Fakta yang penting ditulis di bagian atas, sedangkan yang paling tidak penting ditulis paling bawah. Cara itu berguna agar proses pemotongan naskah bisa cepat dilakukan oleh redaktur. Dengan piramida terbalik, wartawan terlatih untuk menentukan fakta yang paling menarik dan yang paling tidak menarik.

3. Jumlah karakter biasanya tidak sepanjang untuk majalah. Untuk koran, panjangnya sekitar 2.500 karakter. Untuk mengecek jumlah karakter, di Microsoft Word mudah dilakukan. Klik tools, lalu lihat word count. Berita di koran cukup pendek karena apa yang ditulis di koran umumnya merupakan berita straight news, berita yang melukiskan peristiwa.

4. Berita di koran tak terlalu mendalam seperti majalah. Tulisan di koran langsung membahas apa, di mana, kapan, siapa, mengapa (what, where, when, who, why –5W). Tambah satu lagi penjelasan mengenai bagaimana peristtiwa terjadi (how—1 H).

5. Saat ini wartawan harus bekerja cepat, mengingat persaingan yang ketat. Wartawan tak harus menulis di kantor. Ia bisa langsung menulis di lapangan dengan menggunakan peralatan komunikasi yang sudah canggih. Diperlukan pula kiat menulis yang cepat dan akurat, supaya beritanya tetap menarik.

Wartawan mingguan

1. Wartawan majalah biasanya menulis dengan perencanaan jauh lebih matang. Misalnya untuk majalah mingguan, berita direncanakan pada hari Senin. Rapat diikuti wartawan dan para redaktur. Masing-masing wartawan mengusulkan berita. Usulan yang diterima akan dicatat untuk dibuatkan penugasan.

2. Lembar penugasan akan diberikan kepada wartawan untuk dijalankan. Penugasan mempunyai deadline tertentu. Misalnya penugasan wawancara TKI yang disiksa, diberikan Senin sore, harus selesai Rabu pagi pekan itu juga.

3. Sesuai penugasan, wartawan akan mencari sumber yang harus diwawancarai. Jika sumber berita tak bisa diwawancarai karena suatu hal, sumber berita mungkin diganti atas petunjuk redaktur. Tapi tulisan akan batal diterbitkan jika sumber utama tak bisa diwawancarai. Karena itu warrtawan harus bekerja keras mencari sumber yang ditugaskan. Dia tak boleh mencari sumber semau sendiri.

4. Tulisan di majalah harus lebih mendalam daripada di koran. Meski menggunakan metoda yang sama yakni 5 W plus 1 H, tetapi penulisannya harus lebih mendalam dan menarik.

5. Jumlah karakter satu tulisan kadang cukup panjang. Satu halaman bisanya sekitar 4.000 karakter jika diberi 1 foto. Tapi jumlah karakter akan mengecil jika akan ditampilkan beberapa foto, atau satu foto besar. Bisa saja menulis hingga 20 ribu karakter untuk tulisan sekitar 8 halaman.

6. Tulisan tidak dibuat dengan piramida terbalik. Sebuah berita di majalah musti ditulis dengan menyebarkan fakta penting di berbagai tempat. Tapi dengan syarat: tulisan harus tetap menarik pembaca dalam setiap kalimatnya. Dengan demikian, pembaca bisa bertahan untuk menghabiskan bacaannya. Jadi pelajari tips menulis berita yang menarik agar pembaca tetap bertahan melototi halaman.

Sumber : http://www.trawang.com/
Dikutip dari Penulis : rihad wiranto
wartawan sejak 1990 di Warta Ekonomi, kemudian ke Tempo 1992 ke 1994, lalu ke Gatra 1994 ke 2006, kini di koran Jurnal Nasional.

Comments :

0 komentar to “Beda Wartawan Koran Harian Dengan Majalah Atau Tabloid Bulanan”

Posting Komentar